19.10.06

Mudik Yuk..!!

mudik merupakan fenomena khas di negeri ini. buat sebagian besar masyarakat urban mudik merupakan kebutuhan tahunan yang tidak bisa dilewatkan. masyarakat rela antri berdesak-desakan bahkan ikhlas menunggu berjam-jam hanya untuk mendapatkan kursi kendaraan menuju kampung halaman. ritual mudik lebaran [yang sebenarnya menyengsarakan ini] tidak dirasakan sebagai beban justru dirasakan sebaliknya. semangat mudik yang membara dan gambaran mudik itu sendiri dirasakan sebagai pengalaman yang menarik yang menjadi topik obrolan hangat pada saat berkumpul.

lebaran memang saat yang pas untuk mudik. tradisi mudik dijadikan sebagai wahana silaturahmi keluarga, saudara dan sahabat. tradisi mudik juga merupakan ajang bernostalgia mengenang masa lalu, indahnya romantisme kebersamaan yang jarang ditemukan di kota metropolitan seperti jakarta karena padatnya rutinitas mengejar ambisi. disinilah letak alasan mengapa pemudik meluangkan sejenak waktu untuk mengenang latar belakang mereka seiring dengan datangnya idul fitri.

lebaran tahun ini seperti lebaran tahun-tahun sebelumnya saya mudik ke kampung halaman tercinta, pekalongan. kota kecil di pesisir pantura itu selalu memanggil saya untuk pulang. bertemu dengan bapak-ibu kami dan kakak saya satu-satunya. bertandang ke rumah saudara. memecah rindu [dengan cara menikmati ritual lek-lekan] dengan para sahabat. dan.. menikmati makanan-makanan khas kota ini yang jarang ada ditempat lain.

bagaimana dengan lebaran anda tahun ini..?
buat anda para mudikers, selamat menikmati perjalanan mudik, hati-hati dijalan, semoga rahmat Allah dan barokahNya senantiasa menyertai perjalanan anda selamat sampai tujuan. salam hangat saya untuk anda dan keluarga di kampung halaman :)
dan buat anda yang tidak mudik [karena tuntutan pekerjaan] jangan sedih, makna silaturahmi sangat luas, jarak sudah tidak menjadi alasan bagi kita untuk bersilaturahmi dan berkomunikasi dengan keluarga, saudara dan sahabat. salam hangat juga dari saya untuk anda dan keluarga :)
oh ya untuk anda warga jakarta, selamat menikmati indahnya jakarta tanpa kemacetan. tak usah menggunakan jalan tol, karena arteri sama nikmatnya dengan jalan tol, lengang ;p

4 comments:

Anonymous said...

met mudik.. :)

mina said...

Met Idul Fitri ya :)
maaf lahir batiin....

Anonymous said...

saya juga ga mudik.. tapi bukan karena tuntutan pekerjaan ;)

met mudik ya,,, met idul fitri juga...
maap lahir batin ;)

Anonymous said...

pokoke sekali mudik tetap mudik...

hidup orang udik ! :P